Friday, August 8, 2008

Model Biologi (1)

Proses kimia sintesis di permukaan laut merupakan proses yang sangat menakjubkan. Sebuah rantai makanan yang diawali dari makhluk-makhluk mikro yang disebut fitoplankton. Fitoplankton merupakan organisme satu sel yang mampu mensintesis klorofil dan nutrien dengan bantuan sinar matahari menjadi energi baru yang kemudian menjadi bahan makanan bagi organismen yang lebih besar seperti zooplankton.

Proses makan-memakan dan diikuti oleh proses menghasilkan dan menghabiskan ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Bagaimana kandungan nutrien berlimpah, sekaligus menghilang dalam periode yang singkat. Bagaimana fitoplankton mati kemudian menjadi makanan bagi makhluk lain di kedalaman laut dan kembali muncul menjadi nutrien.

Bila disederhanakan, prosesnya akan seperti di bawah ini



Untuk memperkirakan kondisi kesuburan suatu wilayah, saat ini dikembangkan model Biologi. Model ini diharapkan bisa memprediksi produktifitas primer, sekaligus efeknya pada kelimpahan nutrien
and vice versa.


(sumber : Kishi,2007)

Kejadian sesungguhnya di alam tidak semudah diagram di atas. Proses-proses perburuan (
grazing) menjadi salah satu proses yang njelimet disamping simulasi siklus kimia senyawa-senyawa nutrien seperti Nitrogen, Silika dan Phospat yang sebagian besar masih belum bisa dijelaskan dengan persamaan numerik. Hanya saja, kesulitan ini menjadi tantangan besar untuk pecinta model untuk memecahkan persoalan ini.

Introduksi yang sangat awam ini akan saya perbaiki menjadi introduksi yang lebih baik di edisi selanjutnya. Semoga menggugah ketertarikan untuk mengenal lebih jauh proses-proses yang terjadi di laut kita.

2 comments:

penny stock investments said...
This comment has been removed by a blog administrator.
kemal freak a zoid said...

mba inget saya dgn SARAP AN??
hhe

wah mba blognya mantep
beda jauh sama yg saya..
ini berpendidikan bgt !!
yg saya ma . wah mrusak otak
hahahahaha
sukses lah !!