Wednesday, February 3, 2010

Prasangka tak Bersalah

Beneran ya mengasumsikan seseorang itu dengan prasangka itu g selalu baik, mau prasangka buruk ato baik,kalau udah pake prasangka itu, udah menyangkut asumsi yang subjektif.

pengalaman..pengalaman. Emang sih g langsung bilang kalau gwenya gimana-gimana, cuma ya itu, ternyata arah pembicaraannya sudah menuju asumsi memberi penilaian ke gwe.

Ceritanya, suatu hari gwe pulang dari rumah tante gwe,yang malam sebelumnya gwe harus menemani beliau di rumah sakit karena mau melahirkan. Karena si sepupu g ada yang mbuatin sarapan, meluncurlah saya jam 4 pagi ke rumahnya untuk mempersiapkan sarapan, langsung dari rumah sakit. Om gwe, suaminya si tante, sedang dalam perjalanan dari luar kota menuju rumah ini juga, dan baru tiba pukul 6.

Nah pas pulang dari rumahnya si tante, yang ada cuma si om, sepupu gwe dah berangkat sekolah semua, gwe naik taksi, jam 7 pagi, dan pamit dengan sopannya, 

"om pulang dulu, assalamualaikum"

di perjalanan, supirnya bertanya apakah saya mahasiswa, saya jawab iya,lalu cerita ngalor ngidul tentang...prostitusi oleh mahasiswa di Bandung, dan kaitannya dengan dia yang jadi supir taksi,yang sering nganter-nganter 'mereka'.Dia merasa rezekinya menjadi g berkah. Gwe ga tau nih orang mulai ceritanya dari mana, karena gwe begadang semaleman, plus malam sebelumnya nyelesein laporan, jadi kepala udah penuh mata udah berat, jadi g meratiin banget. Sampe di satu kalimat dia cerita kalau ada mahasiswa universitas di taman sari, berjilbab, jadi simpenannya "om-om". Eh saya baru ngeh...nih orang apa maksudnya ya cerita dan ngajak bahas beginian. Tiap ditanya gimana pendapat gwe, karena males, gwe jawab seadanya. Tapi pas dia ngomongin si berjilbab, aku jadi ngeh...jangan2 si bapak berpikir...oh..tidak...ya gwe coba berprasangka baik..sembari g bisa mikir juga karena ngantuk.

tapi dari pada si bapak salah sangka dan berpikir rezekinya g halal, sesaat sebelum tiba di kos, gwe angkat bicara. Gwe bilang lah ke si bapak, bahwa gwe itu dari rumah tante gwe, yang adalah adek dari ibu gwe, dan yang tadi mengantar saya keluar adalah suaminya dan gwe jelasin bahwa si tante gwe ada di rumah sakit, dan tadi malam gwe habis menjaganya, dan paginya harus ke rumahnya karena anak2nya si tante harus pergi sekolah. Si bapak langsung terdiam, tampak tidak nyaman, dan saya pun bersiap bayar dan turun, karena ujung kalimat saya pas tiba di depan kos.

Karena tidak enak, si bapak supir langsung mieminta maaf dan berkata g bermaksud apa-apa,gwe juga kok,g bermaksud apa-apa, cuma biar bapak merasa berkah aja. Cuma dalam hati sembari jalan ke kamar, ganti baju dan bersiap tidur, gwe mikir, oh gampang ya ternyata bikin penilaian ke orang lain. Tapi mungkin juga si bapak sebenernya sedang menghilangkan kebosanan nyetir di tengah kemacetan antapani-dago, yang penumpangnya lemot dan males jawab. 

Gwe jadi merenung, prasangka itu g selalu hasilnya buruk, tapi juga g selalu baik juga. Ahh..semoga hidup gwe g disulitkan dengan banyak prasangka. Amiiin.

No comments: